Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Detik-detik Buaya 3 Meter Dievakuasi dari Rumah Warga Surabaya

evakuasi buaya 3 meter
Evakuasi buaya 3 meter


Berita viral, proses pindah buaya raksasa bikin warga penasaran. Buaya berukuran 3 meter dipindah dari rumah seorang warga.

Evakuasi dilakukan di Jalan Wonokusumo Wetan IV/6, Surabaya. Ternyata, proses evakuasi berjalan cukup sulit.

Banyak kendala saat proses evakuasi. Mulai dari buaya yang sangat beat, hingga medan yang sempit. Petugas sangat kesulitan lakukan evakuasi.

Proses ini butuh lebih dari satu jam. Akhirnya, proses pemindahan buaya betina ini bisa berjalan sampai selesai.

Buaya betina ini dipelihara oleh Saiful Anwar (51 tahun). Setelah pelihara hampir 11 tahun, Saiful akhirnya melepas peliharaannya itu.

Salah satu alasannya karena sudah tak mampu kasih makan. Biayanya sangat mahal. Karena stok makan kurang, buaya jadi sering mengamuk.

Akhirnya Saiful kemudian menghubungi Command Center. Evakuasi direncanakan tanggal 9 November, akhirnya baru terlaksana esok hari.

Setelah 11 tahun dipelihara, akhirnya dievakuasi oleh petugas, ungkap Kabid Darlog Buyung Hidayat pada Jumat, 10 November 2023.

Adapun proses evakuasi dilakukan oleh tim gabungan antara BPBD dengan BBKSDA, KBS, dan DKPP Kota Surabaya.

Petugas berusaha melakukan evakuasi dengan aman. Karena keamanan adalah yang utama, proses evakuasi butuh hingga satu jam.

"Buaya kemudian dinaikkan pikap BPBD Kota Surabaya untuk dibawa ke BKDSASKW III Surabaya, di Jalan Kutisari Selatan XIII/39," ucap Kabid Darlog Buyung Hidayat kepada detikJatim, Jumat (10/11/2023).

Menurut Buyung, proses evakuasi ini penuh dengan tantangan. Mulai dari ukuran buaya yang sangat besar, lokasi juga ada di gang sempit.

Juga, karena evakuasi dilakukan pagi hari, jalanan jadi sangat ramai. Perlu petugas tambahan untuk atur lalu lintas agar tak macet.

Lokasi berada di dekat pasar, otomatis sangat ramai saat pagi hari. Jadi banyak warga yang kepasar, ada juga yang menonton.

Sebagai informasi, buaya ini tidak ditempatkan di kandang. Buaya hanya ditaruh di samping rumah. Jadi sangat berbahaya bagi warga sekitar.

Ukuran tempatnya pun sangat kecil, hanya sekitar 1.5 x 6 meter saja.

Pelaku yang memiliki predator reptil yaitu buaya juga tidak memiliki tempat tinggal yang permanen. Sejauh ini buayairawat di sebelah area ruang keluarga di luar hunian.

Tidak ada tempat khusus yang tetap yang telah disiapkan oleh pemilik untuk menggembala buaya-buaya tersebut. Pemilidian menempatkan buaya-buaya itu di sebelah ruang keluarga di luar rumah dengan ukuran yang terbatas yaitu 1,5x6 meter

@madutvnetwork “Petugas Gabungan Evakuasi Buaya Muara 3 Meter Di Rumah Warga Jalan Wonokusumo Wetan” #Madutv #Madutvnusantara #surabaya #jawatimur #beritajatim #evakuasisatwa #call112surabaya #buayamuara #bksda #satwa #evakuasibuaya ♬ suara asli - MADUTVNETWORK